Pentingnya kesadaran masyarakat untuk memiliki kartu identitas (KTP) dinilai penting oleh Edi Siswoyo selaku Camat di Kecamatan Pekalipan. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Pemerintah Kecamatan Pekalipan membuat kegiatan inovasi berupa pelayanan pembuatan el-KTP malam hari dan pada hari libur.

Kebijakan inovasi pembuatan el-KTP malam hari dan hari libur tersebut tercetus atas saran para staff pada malam idul fitri 2015 lalu, didorong oleh adanya fakta bahwa masyarakat seringkali berdalih sibuk dan tidak ada waktu pada siang hari untuk mengurus pembuatan el-KTP, sedangkan pembuatan el-KTP sendiri tidak dapat diwakilkan, selain itu banyak warga Cirebon yang merantau dan kembali saat mudik lebaran.

Moment mudik tersebut dijadikan masyarakat untuk mengurus pembuatan el-KTP, sehingga setelah melakukan musyawarah dan mufakat, Pemerintahan Kecamatan Pekalipan bersinergi dengan Kelurahan, RW, serta RT untuk menginformasikan masyarakat mengenai adanya pelayanan pembuatan el-KTP pada malam hari dan  hari libur.

Berikut ini adalah grafik rekapitulasi pelayanan e-KTP pada malam hari dan hari libur di Kecamatan Pekalipan:

Bagikan Ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *