Pencanangan kegiatan KKG PKK KB Kesehatan Tingkat Kecamatan Tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2015 bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Pencanangan ini dihadiri oleh Tim Pelaksana Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Kecamatan dan Kelurahan, Kepala SKPD se-Kecamatan Pekalipan, TP PKK se-Kecamatan Pekalipan, Tokoh Masyarakat, LPM dan kader-kader se-Kecamatan Pekalipan dan dibuka secara resmi oleh Bapak Camat Pekalipan.

 

Tujuan dari Pelaksanaan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan  ini yaitu : Untuk meningkatkan fungsi dan peran TP PKK beserta jajarannya di semua tingkatan wilayah dalam pelaksanaan program pembangunan; Untuk membantu kelancaran pelaksanaan pelayanan Keluarga Berencana, Kesehatan dan Revitalisasi Posyandu ;Untuk meningkatkan cakupan dan pemerataan pelayanan Kesehatan dasar dan rujukan ;Untuk memantapkan peran kelembagaan dan 10 pokok program PKK Khususnya bidang KB dan Kesehatan ;Untuk memberdayakan masyarakat dalam membudayakan hidup bersih dan sehat dan meningkatkan aktifitas kegiatan kelompok Dasa Wisma.

 

Dalam mendukung pelaksanaan program Pembangunan, Keluarga Sejahtera, Keluarga Berencana, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Program Kesehatan Lingkungan serta Posyandu di Kecamatan Pekalipan telah dapat menunjukkan hasil-hasilnya diantaranya rumah tangga bebas asap rokok, pelaksanaan program KB, budaya hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga pemanfaatan lahan pekarangan untuk membantu ekonomi keluarga. Semua itu tak terlepas dari kerjasama antara TP-PKK Kecamatan Pekalipan dengan SKPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Anak dan KB, Kantor Ketahanan Pangan Kota Pekalipan, serta peran serta masyarakat yang aktif ikut serta dalam setiap kegiatan yang direncanakan. Disamping itu juga ada pembinaan dari tingkat Kota kepada Kecamatan dan tingkat Kecamatan pada tingkat Kelurahan.

 

Adapun upaya-upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam operasional Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tahun 2015 meliputi : Bidang PKK, Bidang Keluarga Berencana dan Bidang Kesehatan dengan berbagai kegiatan antara lain :

  1. Monitoring Dasa Wisma di Kelurahan;
  2. Pembinaan Gerakan PKK di Kelurahan;
  3. Sosialisasi Kegiatan PAUD, BKB, Posyandu Terintegrasi;
  4. Lomba Pemanfaatan TOGA Tingkat Kelurahan;
  5. Lomba PHBS Tingkat Kelurahan;
  6. Lomba Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan Tingkat Kelurahan;
  7. Lomba Posyandu Tingkat Kelurahan;
  8. Pembinaan PHBS bagi kelompok Dasawisma;
  9. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Gerak PKK KB Kes Kelurahan;
  10. Pendataan PHBS Setiap rumah tangga di Kecamatan Pekalipan;
  11. Pelayanan KB Serentak;
  12. Pertemuan Bulanan Kader;
  13. Pelayanan Kontap Wanita (MOW) dan Kontap Pria (MOP);
  14. Sosialisasi Pelayanan Pemasangan Kontrasepsi KB;
  15. Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender & Anak;
  16. Sosialisasi PHBS bagi masyarakat;
  17. Penyuluhan Kesehatan bagi Ibu Hamil yang kurang mampu;
  18. Pemetaan Ibu Hamil dan Penjaringan Ibu Hamil;
  19. Penyuluhan bagi Ibu Hamil dan Menyusui.

 

Bagikan Ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *