Lomba MTQ Kecamatan Pekalipan kategori Anak-anak.

CIREBON – Pada hari Rabu (3/10) Kecamatan Pekalipan mengadakan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) atau lomba membaca Al-Quran tingkat PAUD. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Pekalipan tersebut diketuai oleh Nur Akhadah, S. Pdi.  dan disambut dengan antusias oleh para Guru, Murid dan Orang Tua.

Tahun ini lomba MTQ Kecamatan Pekalipan tingkat PAUD memiliki empat kategori yaitu kategori tilawah, do’a harian pendek, surat-surat pendek, dan adzan. Lomba tersebut diikuti oleh 23 institusi PAUD baik dalam bentuk Taman Kanak-Kanak (TK) maupun Raudhatul Athfal (RA).

Pada lomba MTQ ini, hal menarik disampaikan oleh Bunda PAUD, Aan Siti Hasanah, dalam sambutannya. Dia mengatakan bahwa pendidikan agama penting untuk membentuk karakter anak terutama pada masa golden age atau usia 0-5 tahun. Pada fase ini anak-anak berada pada fase terbaik dalam perkembangan otak dan fisik.

Pada masa ini perkembangan otak terjadi secara keseluruhan pada masing-masing bagian otak yang berhubungan dengan sistem motorik, aktivitas untuk mendorong anak berpikir lebih sistematis, dan juga aktivitas yang bersifat divergen (meluas) seperti pengembangan emosi, kreativitas, imajenasi, intuisi, abstrak, dan simultan.

Oleh karena itu, penting untuk membentuk kepribadian anak pada fase ini terutama melalui pendidikan agama sehingga nantinya anak akan tumbuh sebagai manusia yang memiliki karakter dan nilai-nilai moral yang baik.

Disamping itu, pada tahun 2016 saja tercatat ada 2.465 anak usia 0-4th dan 2.770 anak usia 5-9th di Kecamatan Pekalipan. Jumlah tersebut terhitung banyak sehingga pemerintah merasa perlu untuk ikut mendukung dan mendorong pendidikan berbasis agama pada anak-anak usia dini melalui lomba MTQ Kecamatan Pekalipan tingkat PAUD. 

Diharapkan nantinya anak-anak di Kecamatan Pekalipan akan tumbuh menjadi pemuda dan pemudi yang memiliki budi pekerti luhur. 

Galeri lomba MTQ Kecamatan Pekalipan tingkat PAUD dapat dilihat dibawah ini..

[ngg src=”galleries” ids=”1″ display=”basic_slideshow”]

 

 

 

Bagikan Ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *